Sempat Minder, Tim Tel-U Malah Juara Umum Lomba Debat Nasional: Trilogy of Coin 2015

Sempat Minder, Tim Tel-U Malah Juara Umum Lomba Debat Nasional: Trilogy of Coin 2015

Tim debat Telkom University berhasil meraih juara pertama dan juara umum dalam Lomba Debat Nasional: Trilogy of Coin yang diselenggarakan pada tanggal 3 – 6 Juni lalu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Jawa Tengah.

Tim yang beranggotakan Mohammad Rynaldi Faisal AK (MBTI), Made Kevin Bratawisnu (MBTI), dan Sari Rahmawati (IF) berhasil meraih juara setelah mengalahkan tim dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) B dengan memperdebatkan mosi “Dewan ini Percaya Pemerintah Indonesia telah Melakukan Kebijakan Ekonomi Yang Efektif dalam Menghadapi MEA 2015”.

Lomba dengan tema “Ekonomi Kreatif Untuk Menghadapi MEA 2015” tersebut menggunakan sistem Asian Parliamentary, dimana setiap peserta mendapatkan waktu 7 menit 20 detik untuk bicara dan satu orang dalam tim akan memberikan reply speech di akhir pidatonya. Dalam lomba ini, sistem pemberian mosi terdiri dari Preposition Motion saat babak penyisihan hingga semifinal dan Impromtu Motion saat babak final.

Untuk bisa meraih juara tim debat Tel-U ini mempunyai strategi khusus. “Kami saling membagi tugas satu sama lain untuk mencari konsep dan mekanisme yang dibutuhkan. Karena ini debat, jadi tidak mungkin semuanya mencari satu hal yang sama,” ujar Kevin. Menurutnya, konsep dibutuhkan agar mosi menjadi lebih terarah sedangkan mekanisme dibutuhkan untuk mencari data-data kemudian keduanya saling dihubungkan satu sama lain.

Menurut Rynaldi, tim-tim dari universitas lain jauh lebih kompetitif dibandingkan dengan lomba-lomba sebelumnya yang pernah mereka ikuti. ”Awalnya kami sempat minder dengan tim-tim tersebut. Tapi karena kita sudah bertekad bersama-sama akhirnya kami bisa melaluinya dan mendapat juara,” ujarnya.

Lomba ini diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (UNNES), UPN Yogya, UNY, Universitas Brawijaya Malang, Undiksa, dan tentu saja tuan rumah, Universitas Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah.

Rynaldi juga menambahkan, timnya ini merupakan binaan dan anggota dari UKM Search Telkom University. “Kami bisa mendapatkan prestasi dan juara karena adanya bimbingan dari teman-teman dalam UKM Search,” pungkasnya. (Purel/EAD)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *