Strawberry Hills mendapat Dana PMW Kopertis IV

Strawberry Hills mendapat Dana PMW Kopertis IV

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi. Program tersebut dilaksanakan di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hasil diseleksi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Program Mahasiswa Wirausaha bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Program ini juga bertujuan mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi.

Fasilitas yang diberikan oleh PMW meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan serta keberlanjutan usaha.Terdapat beberapa tahap dalam PMW 2015 kali ini, antar lain sosialisasi, identifikasi, seleksi, pembekalan, penyusunan rencana bisnis, magang, hingga perolehan dukungan modal untuk pendirian usaha baru serta pembimbingan dari UKM.

Telkom University sebagai salah satu PTS yang berada di bawah koordinasi kopertis Wilayah IV Jabar & Banten turut berpartisipasi dengan mengirimkan 1 kelompok sesuai ketentuan Kopertis dimana 1 universitas hanya diwakili oleh 1 kelompok pada PMW 2015.

Tim delegasi Telkom University merupakan hasil seleksi Bagian Kemahasiswaan (BK) Pusat Telkom University. Proses seleksi pertama oleh Bagian Kemahasiswaan (BK) Pusat Telkom University dengan interview juri yang terdiri atas Soni Sadono, S.Sos. MT, Drs. Lilik Leksono, dan Priadi Darmono, SE terhadap 14 Kelompok pada hari Jumat 3 April 2015. Seleksi selanjutnya dilakukan terhadap 2 finalis dan menetapkan Kelompok PKM yang terpilih dari perwakilan Universitas adalah Kelompok PMW jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Tim PMW Telkom University selanjutnya masuk seleksi awal proposal bersama 99 perguruan tinggi yang lainnya. Setelah lolos seleksi awal proposal, terpilih 34 perguruan tinggi yang pada tanggal 25 April 2015 menjalani seleksi berikutnya berupa presentasi & audiensi didepan dewan juri. Dari berbagai aspek penilaian kelayakan bisnis, antara lain pemasaran, keuangan, teknis/operasi, manajemen/organisasi, maka Tim Juri memutuskan Tim Telkom University diketuai oleh Zulham Husein Siregar dan Dosen Pembina oleh Grisna Anggadwita, ST.,MSM dengan Tema Strawberry Hills berhasil lolos Tahap seleksi akhir kopertis Wilayah IV dan berhak mendapatkan dana sebesar Rp. 26.000.000.-. Kabar gembira pada hari senin tanggal 27 April 2015 tersebut disambut dengan kegembiraan dan harapan lahirnya wirausahawan sejati dari Telkom University (FEB)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *