• Tentang MBTI

     

Ratih_Hendayani-min-removebg-preview

Sambutan Kaprodi MBTI
Ratih Hendayani, ST., MM., Ph.D
_______

Manajemen Bisnis di Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom selalu berkomitmen pada peningkatan dan penyebaran informasi serta komitmen kami untuk mencapai layanan pendidikan sehubungan dengan visi dan misi kami.

MBTI adalah salah satu program studi terbaik di Universitas Telkom dengan banyak prestasi. Kami selalu mencari kreativitas dan inovasi dalam pengembangan organisasi, sumber daya manusia dan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan industri dan pemangku kepentingan.

Program studi kami selalu tumbuh secara progresif dan bekerja sama dengan universitas negeri dan swasta lainnya di Indonesia dan luar negeri, dunia industri dan pemerintah, baik dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program MBTI juga sangat berkomitmen dalam membentuk karakter sarjana profesional.

Untuk mencapai itu, kurikulum kami telah merujuk ke KKNI (Kerangka Kerja Standar Kompetensi Nasional) Pendidikan Tinggi yang digariskan oleh Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) dan kami selalu melakukan tinjauan rutin untuk memperbarui dengan dinamika dunia bisnis . Program studi kami juga didukung oleh fakultas yang kompeten di bidangnya dengan pemegang gelar Master minimum.

Ratih Hendayani, ST., MM., Ph.D
Kaprodi S1 Manajemen

Mix Magazine Award 2015

Visi

Menjadi Program Studi bidang Manajemen pada tahun 2018 berstandar internasional berdasarkan pengembangan secara kreatif terhadap ilmu Manajemen dan Bisnis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Manajemen dan Bisnis berbasis TIK yang berstandar internasional;
  2. Melakukan kajian dan penelitian dalam rangka pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan bidang Manajemen dan Bisnis yang berbasis TIK kepada masyarakat;
  3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam bidang Manajemen dan Bisnis berbasis TIK bagi pelayanan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan;
  4. Mengembangkan semangat kewirausahaan dalam rangka mempersiapkan lulusan untuk menjadi wirausaha unggul berbasis TIK.

Tujuan

  1. Manajer tingkat pertama dibidang pemasaran, operasi, SDM, dan keuangan, yang bekerja diberbagai institusi pemerintah dan swasta,
  2. Analis di lembaga konsultan dan penelitian
  3. Wirausahawan muda mandiri

Akreditasi Unggul 2021 - MBTI

Akreditasi BAN-PT

Program Studi S1 MBTI telah terakreditasi “UNGGUL” BAN-PT dengan BAN-PT No. 12578/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XI/2021. Berlaku hingga 24 Juli 2023

Profile MBTI

Bachelor Program of Management of Business in Telecommunications and Informatics is an integrated study plan that assesses, implements, and develops the science underlying the information technology in the field of business management. Direction of scholarly study from this study program includes discipline, process, management, and techniques needed in the convergence business covering planning, development, and implementation.

Excellent programs that exist in MBTI is Internship in a company in accordance with the Business Management of Telecommunications and Informatics; carry out certification activities for students such as the certification of Big Data, Marketing Profession, CPHR, Certified Financial Planner, Certified Capital Market (Broker, WPPE , WMI ), Tax Brevet); and has International Class program in which the teaching and learning activities is delivered in English .

For more information, please kindly download our program brochure here.

  • Sejarah

    Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) merupakan salah satu program studi S1 di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 1.500 orang, MBTI merupakan salah satu prodi favorit di lingkungan Universitas Telkom. Prodi S1 MBTI telah didirikan sejak tahun 1997.

    Saat itu masih dibawah Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB), yang merupakan pengembangan dari MBA-Bandung sebagai program MBA pertama di kota Bandung. Sejak tahun 2002, program S-1 MBTI STMB telah memperoleh akreditasi A dan terus dipertahankan hingga saat ini.

    Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 192/SK/BAN-PT/AkXVI/S/IX/2013, MBTI memperoleh akreditas A yang berlaku dari tahun 2013 hingga 2018. Pada tahun 2004, STMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom) untuk memberikan identitas yang lebih kuat pada bidang keilmuan manajemen bisnis telekomunikasi.

    Eksistensi STMB Telkom yang semakin kuat telah mendorong upaya transformasi STMB Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tahun 2008. Transformasi ini ditandai dengan bertambahnya program studi yang diselenggarakan oleh IM Telkom.

    Sejak tahun 2013, IM Telkom bergabung dengan pergguruan tinggi lain yang dianungi oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan membentuk Universitas Telkom. Selain Prodi S1 Reguler, MBTI juga memiliki program kelas Internasional yang memiliki mahasiswa asing dan kerjasama dengan universitas maupun industri luar negeri dalam pelaksanaan kurikulumnya. Untuk program S1 Reguler, perkuliahan diadakan di Gedung D, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, di komplek pendidikan Telkom, Dayeuh Kolot. Sedangkan untuk Kelas Internasional diadakan di Gedung Tokong Nanas lantai 9.

  • Deskripsi Program

    Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) merupakan salah satu program studi S1 di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 1.500 orang, MBTI merupakan salah satu prodi favorit di lingkungan Universitas Telkom.

    Prodi S1 MBTI telah didirikan sejak tahun 1997. Saat itu masih dibawah Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB), yang merupakan pengembangan dari MBA-Bandung sebagai program MBA pertama di kota Bandung. Sejak tahun 2002, program S-1 MBTI STMB telah memperoleh akreditasi A dan terus dipertahankan hingga saat ini.

    Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 192/SK/BAN-PT/AkXVI/S/IX/2013, MBTI memperoleh akreditas A yang berlaku dari tahun 2013 hingga 2018. Pada tahun 2004, STMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom) untuk memberikan identitas yang lebih kuat pada bidang keilmuan manajemen bisnis telekomunikasi.

    Eksistensi STMB Telkom yang semakin kuat telah mendorong upaya transformasi STMB Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tahun 2008. Transformasi ini ditandai dengan bertambahnya program studi yang diselenggarakan oleh IM Telkom.

    Sejak tahun 2013, IM Telkom bergabung dengan pergguruan tinggi lain yang dianungi oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan membentuk Universitas Telkom. Selain Prodi S1 Reguler, MBTI juga memiliki program kelas Internasional yang memiliki mahasiswa asing dan kerjasama dengan universitas maupun industri luar negeri dalam pelaksanaan kurikulumnya. Untuk program S1 Reguler, perkuliahan diadakan di Gedung D, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, di komplek pendidikan Telkom, Dayeuh Kolot. Sedangkan program S1 Internasional dilaksanakan di Gedung Tokong Nanas yang juga berada di komplek pendidikan Telkom, Dayeuh Kolot.

  • Profil Lulusan

    Alur Penentuan Profil Lulusan

    Dalam menentukan profil lulusan, Program Studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Praktisi dan Akademisi, Alumni dan Mahasiswa, dan industri. Selain itu, profil lulusan didapatkan dari analisa hasil tracer study yang dilakukan oleh CDC Telkom university.

    Data dan Analisis

    Data-data yang diperlukan dalam penentuan profil lulusan, merupakan hasil dari pelaksanaan FGD dan juga hasil tracer study, dimana mengenai tracer study dan FGD dengan Praktisi dan Akademisi, Alumni dan Mahasiswa telah dibahas pada bab sebelumnya. Pada sub bab ini akan dibahas mengenai FGD dengan pihak industri yang telah dilaksanakan oleh Prodi MBTI, dimana didapatkan hasil yaitu Pihak industri melihat bahwa sarjana baru biasanya kuat dan bagus dalam aspek kognitif tetapi kurang di aspek afektif dan psikomotorik. Hal tersebut bisa disebabkan karena lulusan dengan IPK tinggi ternyata tidak menjamin keluasan wawasan dan pengetahuannya. Beberapa kelemahan yang diidentifikasi industri adalah kemampuan presentasi, kepercayaan diri, sikap kerja, bekerjasama dalam tim, kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kemampuan dalam mengungkapkan ide, manajemen waktu, kemampuan dalam menganlisa, daya tahan menghadapi tekanan, inisiatif, kemauan belajar, daya juang, daya tangkap dan tanggap.

    Industri mengharapkan agar kurikulum pendidikan memasukan sisi praktek dengan porsi cukup besar dan mengharapkan para siswa didorong untuk memperluas wawasannya melalui seminar-seminar dan meningkatkan softskill mereka terutama dalam berkomunikasi, daya tahan, kemampuan untuk bekerjasama dalam tim, dan kepercayaan diri. Selain dalam hal softskill, Industri megharapkan para lulusan memiliki sertifikasi baik nasional maupun internasional.

    Profil Lulusan

    Program Studi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu yang melandasi teknologi informasi di bidang manajemen bisnis. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, manajemen, dan teknik yang dibutuhkan dalam bisnis konvergensi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, dan implementasi. Rumusan profil lulusan yang dibuat oleh tim kurikulum adalah sebagai berikut:

    1. Manajer tingkat pertama dibidang pemasaran, operasi, SDM, dan keuangan, yang bekerja diberbagai institusi pemerintah dan swasta,
    2. Analis di lembaga konsultan dan penelitian
    3. Wirausahawan muda mandiri

    Profil lulusan dan deskripsinya dijelaskan pada Tabel 4 berikut ini :

    No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
    1 Manajer tingkat pertama dibidang pemasaran, operasi, SDM, dan keuangan, yang bekerja diberbagai institusi pemerintah dan swasta, Sarjana yang membuat keputusan seputar empat fungsi manajemen. termasuk didalamnya manajemen operasi, sumber daya, keuangan dan pemasaran dengan menggunakan teknologi berbasis ICT
    2 Analis di lembaga konsultan dan penelitian Sarjana yang mampu memahami dan memilih metode analisis yang dapat digunakan untuk mengidenfikasi masalah, memecahkan permasalahan manajerial, mengembangan alternatif solusi, memilihan solusi terbaik dan mengimplementasi rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
    3 Wirausahawan muda mandiri Sarjana yang memiliki jiwa kewirausahaan dan kreatifitas yang mampu merencanakan, mengembangkan dan mempraktikan model bisnis tersebut dengan memanfaatkan teknologi berbasis ICT

Our Team

SEKPRODI S1 MANAJEMEN

DR. FAJRA OCTRINA, SE., MM.

SEKPRODI S1 MANAJEMEN

SEKPRODI S1 ICT MANAJEMEN

MUHAMMAD AZHARI, S.E., M.B.A.

SEKPRODI S1 ICT MANAJEMEN

KAPRODI S1 MANAJEMEN

RATIH HENDAYANI, ST., MM., Ph.D

KAPRODI S1 MANAJEMEN

Our Campus

Website: https://bms.telkomuniversity.ac.id
Email: [email protected]

Gedung Miossu – Telkom University

Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Indonesia 40257, Bandung , Indonesia